Disdukcapil KKU Gelar Pelayanan Kependudukan di Lokasi MTQ

Menyiasati tantangan pelayanan administrasi kependudukan di kawasan kepulauan, Disdukcapil KKU memanfaatkan momentum MTQ ke 5 KKU di Pulau Maya, dengan menggelar pelayanan di lokasi MTQ.

Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil ,Aslinda, menyampaikan rencana pelayanan di lokasi MTQ tersebut di info Bakohumas KKU, 26/9/21.

Kadis yang energik ini menyatakan , program ini sebagai upaya untuk mendekatkan pelayanan kependudukan kepada masyarakat di Pulau Maya dan sekitarnya.

Pelayanan di lokasi MTQ, dimulai pada 27 September 2021, berupa layanan rekam KTP elektronik, KIA (Kartu Identitas Anak), Cetak Akta Kelahiran dan Cetak Akta Kematian.

Warga yang berada di Kecamatan Pulau Maya lanjutnya bisa menikmati pelayanan jemput bola tersebut yang dibuka selama tiga hari dari tanggal 27- 29 September 2021 sambil mengikuti perlombaan MTQ.

Warga yang dokumen kependudukannya belum lengkap, saat mengunjungi perhelatan MTQ di Desa Satai Lestari dapat sekaligus mengunjungi stand Disdukcapil sambil mengurus kelengkapan dokumen kependudukan.

Aslinda mengungkapkan, banyak kendala perekaman e-KTP terutama di daerah kepulauan yang memiliki jaringan internet lemah. Sehingga menyulitkan pihaknya untuk melakukan perekaman secara langsung.

Solusinya, kata Aslinda, pihaknya menghadirkan jaringan sendiri (V-sat) namun perlu biaya yang cukup besar. Kami terus memaksimalkan peran agar semua administrasi kependudukan dimiliki oleh warga Kayong Utara. ( Yas/26/9/21)

Keterangan foto:

Kadis Dukcapil KKU Aslinda. ( Foto Yasmin Umar)

Sumber : FB Sorot10