1. Pengertian

Akta Kelahiran adalah suatu dokumen identitas autentik mengenai status seseorang dan bukti kewarganegaraan yang bersangkutan.

2. Hal-hal yang perlu diketahui

  1. Setiap kelahiran wajib dilaporkan oleh penduduk kepada Instansi Pelaksana setempat paling lambat 60 (enam puluh) hari sejak kelahiran
  2. Setiap kelahiran wajib dilaporkan oleh penduduk di Instansi pelaksana tempat penduduk berdomisili
  3. Pelaporan kelahiran sebagaimana dimaksud tersebut di atas yang melampaui batas waktu 60 (enam puluh) hari sejak tanggal kelahiran, pencatatan dan penerbitan akta kelahiran dilaksanankan setelah mendapat keputusan Kepala Instansi Pelaksana setempat
  4. Proses Penerbitan Kutipan Akta Kelahiran pada Instansi Pelaksana (Disdukpil) paling lambat 14 (empat belas) hari.

3. Persyaratan

REGISTRASI PENAMBAHAN ANAK + AKTA KELAHIRAN + KIA
    
1.    Mengembalikan KK Asli;
2.    Mengisi formulir F1-01 dan F1-06 dari Desa dan Kecamatan di cap basah;
3.    Mengisi formulir F2-01;
4.    Melampirkan Surat Keterangan Lahir dari Bidan/Puskesmas/Rumah sakit/Desa;
5.    Fotocopy KTP-EL Orang Tua;
6.    Fotocopy KTP-EL Saksi 2 Orang;
7.    Fotocopy Akta Nikah/Buku Nikah Orang Tua di Legalisir KUA;
8.    Mengisi Surat Pernyataan bermaterai 10.000;
9.    Surat Keterangan Kematian dari Desa/Akta Kematian untuk orang tua yang sudah meninggal;
10.    Map merah 1 buah.
    
Catatan Tambahan : Setiap Pengurusan Dokumen Kependudukan Harap Menyertakan Fotocopy Surat Nikah Untuk memperbaharui data kawin tercatat di Kartu Keluarga.

Informasi Kontak Kantor

Alamat:

Jl. Bhayangkara, Sukadana - Kab. Kayong Utara

Whatsapp:

0811-567-4776

Email:

disdukcapil_kku@yahoo.com