1. Pengertian

atau sekarang disebut dengan Penduduk Non Permanen adalah setiap warga negara Indonesia yang datang dari luar Kabupaten Kayong Utara (tamu) serta bertempat tinggal tidak terus menerus dengan maksud untuk belajar, mencari nafkah/pekerjaan yang bersangkutan tidak bermaksud menjadi penduduk Kabupaten Kayong Utara.

2. Hal-hal yang perlu diketahui

  1. Setiap Penduduk Non Permanen Wajib Memiliki SURAT TANDA BUKTI PENDATAAN PENDUDUK NON-PERMANEN yang dulu disebut dengan Kartu Identitas Penduduk Musiman (KIPEM).
  2. SURAT TANDA BUKTI PENDATAAN PENDUDUK NON-PERMANEN diberikan kepada setiap WNI yang datang dari luar wilayah Kabupaten Kayong Utara (tamu) serta bertempat tinggal tidak terus menerus dengan maksud untuk belajar, mencari nafkah/pekerjaan, yang bersangkutan tidak bermaksud menjadi penduduk Kabupaten Kayong Utara.
  3. SURAT TANDA BUKTI PENDATAAN PENDUDUK NON-PERMANEN harus dimiliki oleh yang bersangkutan selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kerja sejak kedatangan di wilayah setempat.
  4. SURAT TANDA BUKTI PENDATAAN PENDUDUK NON-PERMANEN berlaku selama 1 (satu) tahun dan dapat diperpanjang 1 (satu) kali, kecuali untuk pelajar dan mahasiswa dapat diperpanjang sampai selesai pendidikan dengan dibuktikan Surat Keterangan dari Sekolah/Perguruan Tinggi.
  5. Setiap penduduk non permanen wajib melaporkan diri dan atau penampung penduduk musiman wajib melaporkan penduduk yang ditampung dalam waktu dua kali 24 (dua puluh empat) jam sejak kepindahannya kepada Kelurahan setempat melalui Ketua RT/RW diwilayah tempat tinggalnya.

3. Persyaratan Pembuatan SURAT TANDA BUKTI PENDATAAN PENDUDUK NON-PERMANEN

  1. Foto copy KTP yang bersangkutan yang masih berlaku.
  2. Surat pengantar dari RT tempat yang bersangkutan tinggal/domisili.
  3. Mengisi formulir pelapor pendatang penduduk musiman (blanko isian di Kelurahan).
  4. Surat pernyataan penampung diketahui RT (blanko isian di Kelurahan)
  5. Foto copy Kartu Keluarga (KK) Penampung.
  6. Pas Foto ukuran 2 x 3 sebanyak 2 lembar (warna).
  7. Mengisi formulir permohonan SURAT TANDA BUKTI PENDATAAN PENDUDUK NON-PERMANEN (Blanko isian di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kayong Utara).
  8. Proses penerbitan SURAT TANDA BUKTI PENDATAAN PENDUDUK NON-PERMANEN di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  Kabupaten Kayong Utara.

4. Manfaat  SURAT TANDA BUKTI PENDATAAN PENDUDUK NON-PERMANEN

  1. Sebagai bukti diri penduduk yang datang ke Kabupaten Kayong Utara tidak bermaksud pindah.
  2. Dapat dipergunakan untuk menerima kiriman uang di Bank atas namanya sendiri.
  3. Dapat membuka rekening di Bank.
  4. Membuat SIM.
  5. Membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
  6. Membuat Kartu Kuning

Informasi Kontak Kantor

Alamat:

Jl. Bhayangkara, Sukadana - Kab. Kayong Utara

Whatsapp:

0811-567-4776

Email:

disdukcapil_kku@yahoo.com